blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Sabtu, 13 Juni 2009

Entrepreneurship Solusi Sukses Buat Mahasiswa


Entrepreneurship adalah jiwa dimana manusia mempunyai sifat bekerja keras , selalu melihat kedepan , visioner , mempunyai sifat percaya diri dan selalu positif terhadap lingkungan sekitar serta diri sendiri . Menurut Prof . Dr . Ir Suryo Hapsono Tri Utomo . M.Eng dalam seminar beberapa waktu lalu di Universitas Muhammadiyah Malang perguruan tinggi saat ini mempunyai 4 golongan output hasil pendidikan yaitu :
  1. Sebagai Job Seeler ( Pencari Kerja )
  2. Sebagai Job Creator
  3. Pengangguran ( hehehehe )
Hal - hal yang harus diperhatikan untuk kita memulai mempraktekkan sifak entrepreneurship adalah
  1. Belajar menjadi pemimpin
  2. Melihat adanya peluang
  3. Berani mengambil resiko yang tidak sembarang resiko , artinya kita melihat dan mengambil keputusan dengan sebaik - baiknya pertimbangan .
  4. selalu menerima saran dan kritik
Perguruan tinggi yang biasa menjadi tempat pendidikan tinggi tanpa disadari selalu mengubar budaya job seller pada mahasiswanya . Hal ini tentunya akan menjadikan mindset kita kurang tertarik terhadap jiwa entrepreneurship . Jadi mulai saat inilah pendidik selaku dosen harus mengubah cara pandang mereka terhadap dunia kerja . Bagaimana pengangguran di indonesia bisa berkurang kalau para calon - calon penerus bangsa terus menjadi budak - budak kaum kooperat dan pelaku pendidikan juga kurang menyadari hal ini . Jadi mulai saat ini mindset kita terhadap dunia lapangan kerja haruslah kita rubah .
Enterepreneurship atau kewirausahaan harus di ikuti dengan pengembangan jiwa kreatif dan inovatif . Kalau 2 hal ini saja bisa terlakukan dengan baik maka kesuksesan dimasa yang akan datang akan mudah dan cepat kita raih .
Tiga hal yang harus diperhatikan dalam pendukung Entrepreneurship :
  1. Pendidikan
  2. Teknologi informasi
  3. Networking
Jadi saat detik ini pula kita harus mengenali dan mengembangkan entrepreneurship kita . Ingat orang - orang terkaya di dunia bukanlah pejabat negara, presiden ataupun menteri tapi adalah Pengusaha . Dan tidak lupa pula bahwa pada dasarnya Nabi kita Muhammad SAW adalah tokoh yang mengajarkan jiwa berwirausaha yang sukses , beliau adalah seorang pedagang sukses . Kalau nabi kita saja begitu , kenapa kita tidak ?

1 komentar:

Abdul Azis Hasan mengatakan...

Ayo Kawan kaSih Komnatar Kalo udah baca .

 

© Black Newspaper Copyright by Sidoelzis Corp | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks